Kurikulum

Kurikulum SMA Bina Putera

Kurikulum SMA Bina Putera-Kopo mengacu pada Kebijakan Kurikulum Pemerintah dengan penyesuaian sesuai konteks wilayah, kondisi sosial budaya, dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan. Kurikulum SMA Bina Putera mengacu pada Kurikulum G-Life yang dikembangkan oleh LPPSDM Bina Putera Utama untuk digunakan di satuan pendidikan yang dikelola sendiri menyesuaikan dengan konteks lokalnya, khususnya di Kecamatan Kopo Kabupaten Serang, Banten.

G-Life Curriculum dibangun oleh 4 pilar sebagai acuan bagi satuan pendidikan untuk melakukan pembelajaran untuk menghasilkan siswa yang memiliki Kualitas Hidup Pribadi yang baik (Good Quality Life), Berorientasi pada kehidupan yang hijau (Green Life), Memiliki hubungan soaial yang baik (Good Social Relation) dan menjadi sosok kompeten untuk hidup di zamannya (Great Generation).

Keempat pilar ini selaras denganĀ  8 Dimensi Kompetensi Lulusan yang kini menjadi kebijakan pemerintah, yakni (1) keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (2) Kewargaan (3) Kemandirian (4) Kesehatan (5) Kolaborasi (6) Komunikasi (7) Penalaran kritis (8) Kreativitas. Pengelompokkan ke dalam empat pilar ditujukan untuk memudahkan dalam proses pembelajaran yang mengacu pada karakteristik kompetensi yang harus dimiliki siswa. Untuk mencapai kualitas hidup yang baik, maka fokus pada ketakwaan kepada Tuhan dan akhlak mulia Serta hidup menjadi warga dunia yang baik. Kehidupan hijau ditunjukkan dengan menjaga keseimbangan alam dan kehidupan pribadi yang selaras alam. Hubungan sosial yang baik membutuhkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi. Sedangkan generasi kompeten di masa datang adalah mereka yang memiliki nalar kritis, kompeten, dan kreatif.

Masing-masing pilar di-delivery melalui mata pelajar, aktivitas, projek dan beragam kegiatan pembelajaran yang dikembangkan menyesuaikan dengan konteks lokalnya.