Move…Move…Move….

Move...Move...Move....
by

Moving class diakui membuat pembelajaran tidak mudah jenuh ketika harus berada di dalam kelas yang sama terus menerus.

Jurnalis: Siti Lilis Musfiroh

Area sekolah selalu terlihat ramai. Nampak anak berlalu lalang berpindah ruangan. Mereka berpindah dari ruangan yang satu ke ruangan yang lain. pemandangan demikian nampak hampir sepanjang waktu belajar di pagi hari. Ada apa gerangan? “Kami memang memberlakukan moving class. Anak berpindah ke ruangan tergantung mata pelajarannya,” ungkap Dirjo Ardiansyah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

Moving class merupakan kegiatan belajar dengan berpindah-pindah tempat, menyesuaikan dengan ruangan di mana guru berada. Dengan demikian timbul suasana baru yang menyebabkan siswa tidak bosan.

Teknisnya, seluruh siswa masuk dan ke luar kelas sesuai jadwal yang di tentukan oleh sekolah. Guru mata pelajaran tidak harus berpindah ruangan menemui siswanya akan tetapi siswa yang mencari ruangan sesuai jadwal yang sudah di tetapkan oleh sekolah. Guru mata pelajaran bertanggung jawab pada ruangannya sendiri dan siswa yang memasuki jam pertama membersihkan ruangan. Sehingga guru yang mempunyai tanggung jawab tidak kerepotan membersihkannya.

Arif, salah satu siswa mengungkapkan bahwa belajar dengan moving class merupakan belajar disiplin waktu. “Kami jadi tidak merasa bosan dan jenuh,” ujarnya. Terlebih, tambah Arif, dengan suasana kelas yang berbeda, pembelajaran jadi mirip kuliah. (SLM)

Share

Sekolah Menengah Atas yang mengusung pembelajaran dari pengalaman hidup nyata yang dipraktekkan dalam keseharian.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *